Cara Menampilkan Widget Blog di Versi Mobile agar Lebih Responsive

Kembali pada tutorial tentang desain blog, yang berhubungakn pada widget blog. Setelah sebelumnya saya membuat artikel tentang cara menghapus widget yang tidak bisa dihapus, kali ini artikel tentang tutorial "Bagaimana cara menampilkan widget blog di versi mobile".

Mengapa demikian?

Karena pasalnya, pengguna internet tidak hanya menggunakan laptop/pc untuk berinternet, melainkan juga menggunakan versi mobile atau seluler berupa smartphone android atau sejenis ponsel lainnya.

Nah dengan begitu, kita sebagai Blogger perlu menampilkan widget pada blog (yang penting) pada versi mobile juga, karena jika tidak, saya rasa kita telah kehilangan peluang yang amat baik untuk blog.

Selain itu, blog juga akan tampil lebih profesional dan responsive.

Baca Artikel Bagus : Cara Membuat Artikel Berkualitas SEO

Cara Menampilkan widget Blog di Versi Mobile


Sebelum pada langkah pemasangan kodenya, alangkah baiknya kita ketahui terlebih dulu maksud dari kode-kodenya. Kode yang berhubungan dengan widget yang akan anda ketahui saat ini ada tiga, yaitu :

1. mobile='yes'
2. mobile='no'
3. mobile='only'

Dari ketiga kode tambahan tersebut mungkin anda sudah tahu perbedaan diantaranya. Untuk yang pertama adalah mobile='yes' itu kode untuk menampilkan widget pada versi mobile. Selanjutnya, atau yang kedua adalah mobile='no' kode ini untuk tidak menampilkan widget pada versi mobile. Yang terakhir kode mobile='only' adalah kode untuk menampilkan widget di versi mobile saja.

Nah, jika tidak ingin menampilkan widget di versi mobile maupun desktop, anda tinggal menghapus saja widgetnya.

Baca Artikel Lainnya : Cara Mencegah Redirect Blogspot.com ke Blogspot.co.id

Langkah menerapkan kode cara menampilkan widget blog di versi mobile

Kali ini tutorialnya adalah menampikan widget pada versi mobile, jadi kita menggunakan kode mobile='yes'.

1. Langkah pertama silahkan masuk akun blog anda, kemudian pilih menu Template dan pilih Edit HTML.

2. Silahkan anda cari kode widget yang akan anda hapus, kode widget diawali dengan kode <b:widget dan ditutup dengan </b:widget> anda bisa gunakan pencarian untuk kode pembuka widget yaitu <b: widget, lakukan pencarian dengan menekan ctrl+f untuk menampilkan kotak pencarian.

Jika widget anda mempunyai nama (title), cari saja nama widgetnya. Untuk lebih jelas salah satu tamplan kode widget adalah sebagai berikut :

Cara Menampilkan Widget Blog di Versi Mobile agar Lebih Responsive

Pahamilah kode yang saya kotaki.

3. Jika sudah ketemu mana widget yang akan anda tampilkan dalam versi mobile, silahkan tambahkan kode mobile='yes' sebelum kode locked seperti gambar di atas. Dan simpan.

Nah, sekarang anda sudah berhasil menerapkan tutorial Cara Menampilkan Widget Blog di Versi Mobile agar Lebih Responsive, silahkan anda cek perubahan tampilan blog anda dari mobile.

Untuk tutorial lain, anda bisa mengganti kode mobile='yes' dengan kedua kode lainnya yang saya sebutkan di atas.

Semoga artikel tutorial ini bermanfaat untuk kalian semua, baca juga artikel menarik "Cara Menyimpan Foto dari Instagram".

Tag : cara membuat blog versi mobile
membuat-website-pas-di-segala-ukuran-layar
template mas sugeng
cara membuat menu di blog
blogger

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Menampilkan Widget Blog di Versi Mobile agar Lebih Responsive"

Unknown said...

thanks infonya gan kebetulan lagi cari ini

Post a Comment

Di "Nganjuk Blog" Anda bebas berkomentar asalkan sesuai topik dan bahasa yang baik. Dan dilarang berkomentar dengan kalimat - kalimat provokasi.