Mengatasi Sifat Buruk "Sok Pintar" Agar Lebih Disegani Orang Lain

jangan merasa sok pintar. www.nganjukblog.comSok pintar / sok tahu adalah sifat yang menjengkelkan, saya sendiri tidak suka ( bukan benci ) jika ada orang yang sok pintar. Semua orang pasti merasakan hal yang sama. Tapi, lebih baik jika kita memahami dan menerima karakter dari orang tersebut.

Manusia diciptakan dengan berbagai macam karakter, dan sok pintar adalah salah satu karakter manusia yang tidak baik.

Mereka yang selalu disetiap keadaanya bersifat sok pintar, mereka adalah orang yang mempunyai karakteristik sok pintar / sok tahu. Dan juga ada mereka yang sok pintar hanya karena untuk bercandaan.

Orang yang sok pintar, beda tipis dengan orang yang sombong. Persamaanya hanyalah mereka sama - sama membanggakan diri sendiri.
Dan perbedaannya adalah jika sok pintar, kebanyakan mereka tidak bisa dan cenderung ngeyel. Sedangkan sombong adalah mereka yang telah bisa dengan apa yang mereka miliki / lakukan lalu mereka membangga - banggakannya (seolah hanya mereka yang terbaik).


Inilah mereka, orang - orang sok pintar

Mereka yang sok pintar adalah pengeyel ( tidak mau kalah ).

Padahal ada yang lebih tahu dan benar dari orang sok pintar, dan ia juga tahu bahwa yang dieyelkan orang sok pintar itu adalah keliru. Tapi orang sok pintar tetap saja ngeyel.

Kalau sudah begitu, orang sok pintar kebanyakan malah mencatut kata - kata orang lain yang padahal mereka itu lebih benar.

Kalau sudah begini, ujung - ujungnya si sok pintar malah marah - marah gak jelas dan berpikir bahwa pendapatnya lah yang paling benar (yaa karena memang sifatnya tidak mau mengalah ). Dan orang sok pintar juga cenderung mengabaikan pendapat orang lain.

Dari peristiwa di atas, orang yang sok pintar juga memiliki sifat meremehkan orang lain, pemarah dan ingin menang sendiri, serta kebanyakan orang sok pintar karena ingin selalu dipuji dan terlihat w o w di hadapan atasan atau orang yang lebih diseganinya.

Dan kebanyakan, orang sok pintar jika di hadapan atasan (orang yang lebih disegani) hanya bisa membual dan membual dalam ucapanya, dan cenderung ucapan yang membanggakan diri sendiri (padahal tindakan yang membanggakan itu belum terjadi : hanya bualan). 

Oh ya, kira kira kalian tergolong orang yang sok pintar bukan?

Jika memang sedikit mirip, terapkan saja tips nya. Saya juga mirip kok, hahaha.


Cara mengatasi sifat buruk sok pintar, mungkin salah salah satunya adalah bertingkah bodoh.

Tips cara mengatasi sifat buruk sok pintar


1. Menerima pendapat orang lain

Mereka yang sok pintar adalah pengeyel yang tidak mau kalah. Jadi lebih baik jika kita menerapkan untuk saling menghargai dan menerima pendapat orang lain.

2. Bertingkah bodoh

Yang saya maksud disini adalah memberi kesempatan orang lain terlebih dahulu. Jadi intinya, kita tidak turun tangan jika diantara kita ada yang bisa akan suatu hal yang sama, dan kita diam berpura - pura tidak bisa.

Kedua tips di atas pastilah tidak memperlihatkan kita sok pintar. Jika kita menerapkan kedua tips di atas dengan benar, dan masih ada yang bilang sok pintar, berarti kemungkinan besar ada kejanggalan sifat yang cenderung memang membenci kita.


Maka dari itu, lebih baik kita memang benar - benar pintar daripada sok pintar. Untuk itu belajar yang baik dan sunguh - sungguh adalah metode untuk menjadi benar - benar pintar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengatasi Sifat Buruk "Sok Pintar" Agar Lebih Disegani Orang Lain"

Post a Comment

Di "Nganjuk Blog" Anda bebas berkomentar asalkan sesuai topik dan bahasa yang baik. Dan dilarang berkomentar dengan kalimat - kalimat provokasi.