Tips Membuat Deskripsi Blog dan Deskripsi Artikel Blog

Cara-membuat-deskripsi-blog-yang-baik.jpg


Aturan ataupun cara seo bagi setiap Blogger adalah berbeda-beda, namun tujuannya sama, yaitu blog maupun artikel berada pada posisi pertama Google. Namun tidak sedikit pula artikel yang saya rasa kurang seo malah mendapat posisi halaman pertama di Google, entah faktor umur blog ataupun lainnya.

Dengan begini, menurut saya SEO bukanlah satu-satunya cara agar blog maupun artikel berada pada posisi pertama Google. SEO hanyalah salah satunya.

Download Template Blogspot Premium Gratis 

Pada kesempatan waktu yang ada saat ini, saya akan berbagi tips membuat deskripsi pada blog dan artikel blog (salah satu cara seo onpage). Tentunya hasil belajar saya selama ini, dan bisa anda terapkan ataupun tidak.

Mungkin untuk cara membuatnya, para blogger sudah tahu dimana meletakkan teks deskripsi blog. Namun mengisinya lah yang bingung (kira-kira mau diisi apa, sudah benar belum, dll).

Ada 2 cara mengisi deskripsi pada blog (deskripsi penelusuran), yaitu pada template blog dan setelan blog. Kita gunakan saja salah satunya, yang di setelan blog.

Tips Membuat Deskripsi Blog


Tempat membuat deskripsi penelusuran blog tempatnya di sini ya (lihat gambar).

tips-membuat-deskripsi-blog.png

Untuk deskripsi blog, tidak perlu panjang, nanti takutnya malah disangka spam sama Google. Anda hanya perlu mendeskripsikan blog anda dengan keyword yang dituju. Ingat, seo bukan satu-satunya.

Di deskripsi Nganjuk Blog, anda bisa perhatikan, cukup pendek. Saya hanya menargetkan nama Nganjuk dan mengenai blog, padahal isi postingannya adalah artikel campuran (artikel gado-gado).

Sekarang anda terapkan pada deskripsi blog anda, pastikan deskripsinya pas dengan blog anda, setelah itu jangan pernah diganti (tips).

Baca Tutorial : Cara Mencegah Redirect Blogspot dot com ke blogspot dot co dot id

Tips Membuat Deskripsi Artikel Blog


Perhatikan dengan baik gambar di bawah ini.

tips-membuat-deskripsi-artikel-blog.png

Deskripsi pada artikel blog yang menurut saya baik adalah seperti gambar di atas, minimal seperti itu. Dengan mengetahui begini, mungkin anda akan bisa lebih mengembangkannya.

Jadi saya selalu memasukkan judul artikel blog juga pada deskripsinya, namun seperti yang anda lihat, terdapat tambahan-tambahan kalimat di belakangnya. Anda juga tidak harus menaruh judul artikel blog di awal deskripsi, yang penting ada saja sudah baik (menurut saya). Dan deskripsi jangan terlalu pendek.

Adapun penulisan deskripsi artikel yang baik :

1. Deskripsi SEO
Pada gambar di atas adalah SEO menurut saya, silahkan terapkan jika memang menurut anda benar untuk diterapkan.

2. Deskripsi yang Menarik
Menarik dalam arti di sini adalah berhasil menarik pembaca untuk mengunjungi artikel blog anda ketika mereka menemukan di pencarian search engine atau waktu anda share di media sosial.

Perlu anda ketahui, di search engine tidak sedikit artikel dengan judul serupa, yang membedakan biasanya pada deskripsi tersebut. Deskripsi yang meyakinkan akan menarik peminat pembaca mengunjungi blog anda.

Perhatikan perbandingan di bawah ini.

Postingan A : Berada pada posisi halaman pertama Google di peringkat pertama. Namun perlu anda ketahui, deskripsinya hanya berupa keyword yang ambur adul (semua keyword dimasukkan) jadi bukanlah sebuah kalimat yang tersusun rapi.

Postingan B : Berada pada halaman pertama Google menduduki peringkat kedua dengan sedikit keyword dan kalimat yang tersusun rapi, sangat jelas untuk dibaca pengunjung.

Dari kedua perbandingan postingan di atas, kedua postingan A dan B mendapat banyak pengunjung (karena berada page one google dan posisi 1 dan 2). Namun kalau dibandingkan, saya rasa pengunjungnya masih banyak yang postingan B yang menduduki posisi kedua. Silakan anda pikirkan.

Baca Juga : Cara Agar Artikel Blog Cepat Terindex Google


Sekilas cerita, dulu saya ngeblog juga menggunakan deskripsi dengan memasukkan semua keyword yang saya dapatkan dari keyword planner. Setelah saya browsing sana-sini, menurut saya, cara penerapan deskripsi artikel saya yang dulu adalah jadul, bisa dibilang seo jadul dan dianggap spam untuk seo jaman ini.

Nah, perlu saya ingatkan lagi, dengan anda membuat deskripsi yang seo, menarik, ataupun malah amburadul, bukan menjadi jaminan artikel anda berapa pada halaman pertama search engine, tentunya karena masih banyak faktor yang harus diterapkan.

Dengan artikel begini saya rasa anda dapat memahami isi mengenai tips membuat deskripsi blog dan deskripsi artikel blog, dan anda tidak perlu bingung lagi untuk membuatnya. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Membuat Deskripsi Blog dan Deskripsi Artikel Blog"

Post a Comment

Di "Nganjuk Blog" Anda bebas berkomentar asalkan sesuai topik dan bahasa yang baik. Dan dilarang berkomentar dengan kalimat - kalimat provokasi.