7 Penyebab Android Cepat Panas 7 Cara Mengatasi Android Cepat Panas

Penyebab dan cara mengatasi android cepat panas


[Nganjuk Blog] Penyebab android cepat panas dan cara mengatasi android yang cepat panas – Manusia jaman sekarang sudah tidak bisa lepas dari yang namanya gadget, baik untuk keperluan pekerjaan, hiburan, maupun bersosial.

Terjadinya hal ini dipengaruhi karena adanya smartphone-smartphone canggih yang bermunculan, salah satunya samartphone dengan operasi sistem Android.

Android merupakan smartphone yang paling populer (banyak digunakan), karena dengan budget yang tidak terlalu banyak pun sudah bisa membeli smartphone android yang murah.

Nah, dengan aktivitas yang dimiliki manusia dengan smartphonenya, pasti ada yang merasakan bahwa smartphonenya cepat panas.

Banyak faktor yang mempengaruhi smartphone bisa cepat panas, dan smartphone cepat panas ini biasanya dibarengi dengan baterai android yang boros atau cepat habis.

Artikel Menarik : Cara Menggunakan WhatsApp di PC

Oke, dari sini saya akan membahas faktor apa saja penyebab android cepat panas.

Inilah Penyebab Android Cepat Panas dan Cara Mengatasi Android Cepat Panas


Beberapa penyebab android cepat panas :


1. Merk / Tipe Smartphone Android Anda

Keunggulan dan kelebihan suatu android tentu dapat dibedakan melalui harga. Jika anda membeli harga android yang murah, tentu kebanyakan akan kalah jika dibandingkan dengan smartphone android yang berkelas / harga lebih mahal.

Jadi, smartphone yang harganya murah, tentu memiliki banyak kekurangan, terutama berkaitan dengan cepat panasnya hp android anda. Apalagi jika android anda produksi dari c*na, tapi tidak semuanya sih.

2. Sering Digunakan Terus Menerus

Semua mesin atau sistem yang berhubungan dengan tenaga listrik (panas), pasti membutuhkan waktu untuk istirahat.

Meskipun pertama membeli android anda tidak mengalami cepat panas, namun lambat laun, karena terus menerusnya android digunakan maka akan mengalami hp anroid anda cepat panas. Karena sudah terjadi kerusakan pada sistem.

Biasanya hal ini yang sering di alami untuk main game terus menerus.

3. Menyalakan Data Internet Terus Menerus

Pentingnya suatu media chating, baik WhatsApp, BBM, maupun Masenger membuat para pengguna menyalakan terus menerus data seluler/internetnya terus menerus.

Hal ini karena tentu jika data tidak dinyalakan, maka tidak akan menerima pemberitahuan dari pesan media chating tersebut.

Padahal hal ini juga membuat smartphone cepat panas dan menguras baterai, meskkipun android di diamkan.

4. Charge Sambil Melakukan Aktivitas dengan Androidnya

Nah, kalau yang ini sudah pasti, ibaratnya orang makan nasi sambil bekerja.

Hal inilah yang sering diabaikan oleh remaja, jangan remaja lain deh, saya sendiri juga sering melakukan hal ini, tentu karena kebutuhan.

Akibatnya pun sudah saya rasakan, yaitu hp android cepat panas, baterai melembung, baterai cepat habis dan baterai soak (yang ini pada laptop).

5. Menyalakan Hotspot

Hotspot merupakan fasilitas untuk berbagi koneksi internet, di android memiliki fasilitas tersebut (tidak semua).

Dengan anda lama menggunakan hotspot, maka hp android anda akan cepat panas dan baterai cepat habis.

Selain itu, menyalakan hotspot dengan melakukan aktivitas lain, maka sistem hp anroid anda akan terasa berat dan memungkinkan hp anroid anda akan lemot.

6. Semua Aplikasi Berjalan

Tau nggak, kalau anda membuka aplikasi / game di android lalu menutupnya (keluar begitu saja), sistem aplikasi maupun game di android tersebut belum berhenti sepenuhnya.

Hal ini bisa anda ketahui ketika ada pemberitahuan, seperti di COC, pemberitahuan bahwa base anda diserang, kemudian di UC Browser, biasanya pemberitahuan berita, dan di aplikasi-aplikasi chat tersebut.

Tidak diangka hal ini juga bisa membuat hp android anda cepat panas, karena nyalanya semua sistem pada aplikasi maupun game di android anda.

7. Melakukan Overlock pada Android

Apasih yang dimaksud Overlock? Overlock merupakan cara untuk memaksa HP android anda bekerja lebih cepat, biasanya hal ini disebut dengan menambah RAM.

Tentu jika anroid anda bekerja tidak semestinya, dan dengan cepat, maka android akan mengalami cepat panas dari biasanya.

Nah, mungkin itulah beberapa penyebab anroid cepat panas. Selanjutnya adalah bagaimana cara mengatasi android yang cepat panas.

Download Antivirus Android dan PC (rekomendasi Nganjuk Blog)

Cara Mengatasi Android Cepat Panas


1. Jangan Beli HP Android Terlalu Murah

Jika menginginkan hp android yang tidak cepat panas, belilah hp android yang agak mahal.

Karena sudah tentu, android yang lebih mahal akan lebih baik dari yang berharga murah.

2. Jangan Gunakan Android Terus-menerus

Sudah pasti, menggunakan android terus menerus seperti halnya manusia yang bekerja terus menerus tanpa istirahat.

Tentu manusia tersebut lama kelamaan akan sakit, mungkin sakit demam, hehehe.

3. Matikan Data Internet

Jika kiranya data internet sudah tidak diperlukan, alangkah baiknya anda mematikan data internet anda. Selain untuk menetralisir panas pada android, maka juga akan menghemat kuota internet anda.

Anda juga bisa menggunakan Cara Internet di Mode Pesawat Terbang ketika hendak berinternet, agar baterai anda tidak cepat panas dan tidak cepat habis.

4. Jangan Melakukan Aktivitas dengan Android ketika Dicharge

Charge atau cas adalah proses mengisi daya pada hp, dalam hal ini anda sangat disarankan untuk tidak menggunakan hp ketika di cas.

Tips charge android. Matikan hp android anda atau anda gunakan mode penerbangan (mode pesawat) agar sistem android benar-benar berhenti ketika di cas, dan akan mempercepat proses charge (pengisian daya).

5. Jangan Lama Menyalakan Hotspot

Menyalakan Hotspot terlalu lama akan berakibat pada baterai dan sistem android anda, maka jangan gunakan hotspot lama-lama.

6. Matikan Aplikasi yang Tidak Dipakai

Untuk benar-benar mematikan aplikasi atau game, anda bisa melakukannya dengan cara manual dan cara otomatis.

Cara manual : anda bisa langsung menuju Settings pada android anda, kemudian pilih Apps dan pilih aplikasi atau game yang ingin dimatikan (Force Stop).
Anda juga bisa menonaktifkan aplikasi bawaan dari android yang tidak anda gunakan.

Cara otomatis : untuk cara mematikan aplikasi/game dengan otomatis ini, anda harus mendownload terlebih dulu aplikasinya.

Nama aplikasinya adalah Greenify (gambar iconnya seperti daun ganja), dengan menggunakan greenify anda bisa mematikan aplikasi atau game secara otomatis, dengan melakukan hibernasi.
Silahkan anda download aplikasinya (cari di google) dan cari juga bagaimana cara menginstallnya.

7. Jangan Melakukan Overlock pada Android Anda

Overlock sebenarnya proses menghabiskan ruang RAM pada android, seperti halnya microSD yang katanya 1 GB adalah 1000 MB, ternyata hanya 900an MB. Nah, kurangnya hal inilah yang dimaksudkan untuk menjaga keamanan dari memori tersebut.

Maka melakukan overlock saya rasa tidak perlu, gunakan saja android sewajarnya.

Penutup
Android mengalami panas itu wajar, karena hal itu adanya suatu mesin yang bekerja (jalan). Namun dengan pansnya android anda, anda harus bisa bagaiamana cara menetralisirkan panas tersebut.
Tidak hanya sistem dalam android, pada sistem mesin lainnya pun juga sama. Misalkan kendaraan bermotor, ketika perjalanan jauh, tentu hendaknya pengendara harus beristirahat sejenak mendinginkan mesin motor tersebut.


Nah, di atas saya sudah menyampaikan 7 penyebab android panas dan 7 cara mengatasi android panas. Semoga isi artikel ini bisa bermanfaat untuk anda, sekian dan terimakasih.

Baca Juga : 5 Game Offline Android Keren

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Penyebab Android Cepat Panas 7 Cara Mengatasi Android Cepat Panas"

Post a Comment

Di "Nganjuk Blog" Anda bebas berkomentar asalkan sesuai topik dan bahasa yang baik. Dan dilarang berkomentar dengan kalimat - kalimat provokasi.