Cara Membuat Drop Cap / Huruf Awal Paragraf Besar di Blog

cara membuat drop cap atau huruf besar di awal paragraf

Cara Membuat Drop Cap - Mungkin kalian yang belum tahu tentang dunia kepenulisan itu masih asing dengan istilah "drop cap". Drop cap ini adalah sebuah huruf yang lebih besar dari huruf-huruf lainnya. Sebagai contoh adalah awal tulisan dari artikel ini, yaitu di mana huruf C lebih besar dari lainnya.

Kegunaan drop cap memang kebanyakan digunakan di awal paragraf. Sehingga kalian yang belum tahu istilah drop cap mungkin akan mencari dengan kata kunci "cara membuat huruf besar di awal paragraf" atau mungkin "cara membuat huruf awal paragraf besar". Apapun kata kunci yang kalian cari di Google, yang terpenting ketemu solusinya. Dan ilmu baru yang patut kalian ingat, bahwa istilah dari huruf awal paragraf besar tersebut adalah drop cap.

Nah kalau kalian sudah tahu, sesuai judul artikel, saya akan memposting tutorial "cara membuat drop cap di blog". Silahkan simak panduannya. Kalau kalian mau silahkan baca nanti cara meningkatkan posisi artikel di Google.

Cara membuat drop cap di blog


Cara ini terbilang cukup muda bagi saya, tentu karena saya sudah tahu caranya. Berikut langkahnya :
  1. Masuk pada akun blogspot kalian
  2. Selanjutnya menuju dan masuk pada Edit Html blog kalian
  3. Cari kode ]]></b:skin> dengan menggunakan kolom pencarian (ctrl +f untuk memunculkan kolomnya)
  4. Kemudian copy dan pastekan kode di bawah, tepat di atas kode ]]></b:skin> tadi
/* kode drop cap
--------------------------------- */
.drop {
float:left;
color: #000000;
background:#ffffff;
line-height:80px;
padding-top:1px;
padding-right:5px;
font-family:times;
font-size:100px;
Kemudian silahkan kalian klik simpan. Kalian juga bisa mengedit sendiri kodenya, seperti untuk merubah ukuran dan warna. Selanjutnya pada cara menampilkan huruf drop cap di postingan kalian. baca atikel menarik lainnya mengenai cara mencari gambar di Google buat postingan menarik.

Silahkan masuk pada tempat menulis postingan, kemudian pilih mode penulisan HTML. Dan masukkan kode berikut untuk membesarkan hurufnya <span class="drop">C</span> . C merupakan huruf yang dibesarkan. Berikut screenshot penempatannya jika masih bingung.

penempatan kode drop cap

Nah dengan demikian, semoga postingan cara membuat drop cap ini dapat bermanfaat bagi kalian semua. Jika suka, silahkan di bagikan kepada temannya di sosial media.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Drop Cap / Huruf Awal Paragraf Besar di Blog"

Post a Comment

Di "Nganjuk Blog" Anda bebas berkomentar asalkan sesuai topik dan bahasa yang baik. Dan dilarang berkomentar dengan kalimat - kalimat provokasi.