Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca di Android

Kartu sim tidak terdeteksi di hp android - Masalah ini sudah pernah aku alami sebelumnya, yaitu kartu sim tidak terbaca. Penyebab masalah sim card tidak terbaca dan tidak ada sinyal ini pun beragam. Tapi kita tidak tahu penyebab mana yang menjangkit masalah kartu sim di HP kita masing-masing, tanpa mengeceknya satu persatu.

kartu sim tidak terdeteksi, terbaca, tidak ada sinyal, tidak ada layanan, silang merah

Di bawah ini beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab kartu sim tidak terbaca di HP Android.

Penyebab Kartu SIM Tidak Terbaca

  1. Koneksi jaringan provider yang digunakan lagi error
  2. Nomor diblokir
  3. Kuningan pada kartu rusak
  4. Slot sim card pada HP rusak
  5. Tidak mengaktifkan layanan sim card pada pengaturan di HP
  6. Kerusakan pada sistem HP

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca

Lalu bagaimana cara mengatasi kartu sim tidak ada layanan, atau tidak terbaca? Nah di bawah ini yang mungkin bisa kamu coba terapkan.

1. Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca dengan Tanya ke Sesama Pengguna Provider

Ini untuk kemungkinan penyebab pertama di atas terjadi, yaitu masalah kartu sim tidak ada sinyal karena koneksi jaringan pada provider emang lagi error. Nah kita bisa inisiatif dengan bertanya kepada sesama pengguna kartu seluler, apakah kartu yang digunakannya mengalami masalah tidak ada layanan atau tidak.

Jika sama, maka bisa dipastikan memang masih ada gangguan jaringan. Untuk mengatasinya, tinggal tunggu saja jaringan diperbaiki oleh pihak operator provider.

2. Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca dengan Menghubungi Call Center Operator Kartu Seluler

Silahkan cari di internet, nomor call center ataupun jenis kontak lainnya yang bisa dihubungi. Seperti email, atau akun sosmed. Dan konsultasikan kenapa kartu yang kamu gunakan mendapati gangguan sim card tidak terdeteksi.

Pastikan juga mengetahui apakah nomor yang kamu gunakan diblokir atau tidak.

3. Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca dengan Mencoba Kartu SIM ke Slot Lain

Jika HP kamu mempunyai fitur dual sim, maka silahkan coba kartu sim ke slot yang satunya, dan lihat hasilnya. Atau lebih pastinya, silahkan coba di HP lain. Karena bisa jadi tidak slotnya yang rusak, namun sistem pada HP yang kamu gunakan.

Dengan mencoba cara ini, kamu bisa mengetahui apakah penyebab kartu sim tidak terdeteksi di HP dari slot sim card, atau memang sim cardnya yang bermasalah.

4. Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca dengan Membersihkan Kuningan SIM Card

Setelah mencoba nomor 3, dan apabila ternyata hasilnya kartu sim yang rusak. Kamu bisa mencoba membersihkan kuningan kartu dengan penghapus pensil yang bersih, untuk mencoba memperbaiki kartu sim.

Jika tetap tidak bisa, maka jalan satu-satunya adalah mendatangi gerai operator seluler untuk mengganti chip kartu sim, jika kamu ingin tetap mempertahankan nomor seluler kamu.



Baiklah, untuk tips mengatasi kartu sim tidak terdeteksi selebihnya silahkan klik link berikut untuk membaca. LINK: Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca di Android"

Post a Comment

Di "Nganjuk Blog" Anda bebas berkomentar asalkan sesuai topik dan bahasa yang baik. Dan dilarang berkomentar dengan kalimat - kalimat provokasi.