Cara Merawat Laptop Agar Awet dengan Masa Pakai Lama

[Nganjuk Blog] Cara Merawat Laptop Agar Awet - Sudah lama tidak memposting artikel pada Nganjuk Blog, kini saya akan berbagi tips cara merawat laptop agar awet. Cara ini ditujukan terutama pada laptop yang masih dalam kategori baru beli, tapi yang sudah lama juga bisa menerapkan tips sederhana ini agar masa pakai menjadi lebih lama (awet).

cara merawat laptop agar awet.jpg


Percaya atau tidak, kebanyakan laptop yang baru beli akan mendapat kerusakan jika melakukan kesalahan pada carai pakai laptop tersebut. Ini rawan untuk laptop baru, sehingga mau tidak mau, jika terdapat kerusakan, maka kalian harus meng-garansikan laptop kalian dan menunggu lama untuk servis garansi (selama masa garansi masih berlaku).

Lalu, bagaimana cara merawat laptop agar awet? Silahkan kalian simak tips cara sederhana yang akan saya bagikan, sesuai pengalaman juga.

Baca Juga : Cara Mengatasi Page Fault in Nonpaged Area

Cara Merawat Laptop Agar Awet

Adapun tips cara sederhana merawat laptop adalah sebagai berikut :

1. Merawat laptop dengan membersihkannya dari debu/kotoran

Laptop yang kotor, maka akan mempengaruhi kesehatan pada laptop. Seperti halnya lingkungan yang kotor mempengaruhi kesehatan manusia.

Agar laptop kalian awet, cara sederhana yang pertama adalah membersihkan setiap bagian laptop yang terdapat debu. Terutama pada bagian keyboard laptop dan layar laptop.

Tidak berfungsinya beberapa tombol pada keyboard, kebanyakan penyebabnya adalah karena debu.

2. Tidak menggunakan secara berlebihan

Adapun tidak menggunakan secara berlebihan yang dimaksud adalah waktu lama penggunaan dan ketika menggunakan. Maksudnya begini, jangan menggunakan terlalu lama pada laptop, terutama laptop baru. Serta jangan menggunakan laptop secara kasar, seperti menekan tombol keyboard dengan keras dan lain-lain.

Dan juga segera uninstall game atau software jika dalam pemakaiannya sudah berat (nge lag). Ini menandakan spesifikasi laptop kalian tidak sesuai dengan game / software tersebut, sehingga tidak baik untuk dipaksakan.

3. Jangan gunakan sumber listrik langsung untuk daya laptop (tanpa baterai)

Biasanya, ada orang yang menyarankan utuk memakai laptop kalau di rumah itu langsung menyolokkan laptop pada sumber listrik dan melepas baterai (agar awet). Ini salah! komponen laptop dan komputer itu berbeda, sehingga lebih sensitif terjadi kerusakan pada laptop.

Bagaimana bisa terjadi keruskan pada laptop dengan hal tersebut?

Terjadi kerusakannya, ketika terjadi listrik mati (pemadaman listrik), maka laptop kalian ikut mati. Kalau satu kali dua kali mungkin tidak apa apa, tapi kalau sering, maka akan terjadi kerusakan (kebakaran) pada komponen dalam laptop kalian.

4. Mencopot charge ketika pengisian penuh

Disarankan untuk kalian, jika pengisian aterai sudah penuh, segeralah mencabut charge laptop. Ini merupakan penyebab kebanyakan erjadinya baterai soak (rusak), sehingga baterai tidak bisa dicharge lagi dan harus menggunakan laptop sambil charge.

5. Memasang antivirus pada laptop

Anivirus gunanya untuk mencegah masuknya virus pada laptop kalian, sehingga agar terhindar dari virus, silahkan insall antivirus yang bagus.

Apa antivirus yang bagus? Banyak antivirus yang bagus berdasarkan kriteria masing-masing seseorang, kalau saya sendiri menggunakan antivirus eset. Kalian bisa mendownloadnya di sini download antivirus eset.


Nah itulah ke lima cara merawat laptop agar awet dengan tips sederhana dan bisa dilakukan oleh semua orang (bukan ahli servis laptop saja). Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa bagikan, terimakasih.

Artikel Terkait : Cara Mengatasi Wifi Error di Laptop

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Merawat Laptop Agar Awet dengan Masa Pakai Lama"

Post a Comment

Di "Nganjuk Blog" Anda bebas berkomentar asalkan sesuai topik dan bahasa yang baik. Dan dilarang berkomentar dengan kalimat - kalimat provokasi.